Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penghormatan sesama manusia

Cara Menghargai Sesama Manusia dalam Kehidupan Mahasiswa

Pertanyaan kali ini datang dari Alysia Naila Cantika, kelas manajemen A1 Universitas Jenderal Achmad Yani, Cimahi. Alysia ini bertanya : Bagaimana pendapat anda cara menghargai sesama manusia di jaman sekarang yang bisa di aplikasikan dalam kehidupan mahasiswa?

Menghargai sesama manusia adalah bagian penting dari ajaran Islam dan sesuatu yang bisa diaplikasikan oleh setiap orang, termasuk mahasiswa. Berikut adalah beberapa cara menghargai sesama manusia dalam perspektif Islam yang sesuai dengan kehidupan mahasiswa:

1. Menghormati Orang Lain

Hadis Nabi Muhammad SAW menyebutkan bahwa, "Sebaik-baik teman di sisi Allah adalah orang yang paling baik di antara mereka terhadap temannya. Dan sebaik-baik tetangga di sisi Allah adalah orang yang paling baik di antara mereka terhadap tetangganya." (HR Tirmidzi). Dalam kehidupan mahasiswa, hal ini bisa berarti berbuat baik dengan menghormati teman sebaya, dosen, staf universitas, dan lainnya.

2. Berbicara dengan Baik

Dalam Al-Qur'an Surat Al-Hujurat ayat 12, Allah berfirman, "Dan janganlah sebagian kalian mencela sebagian yang lain..." Dalam konteks mahasiswa, ini berarti berbicara dengan baik dan sopan kepada semua orang, baik itu teman sebaya, dosen, atau staf universitas.

3. Menolong Orang Lain

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Barangsiapa yang meringankan kesulitan seorang Muslim, Allah akan meringankan kesulitannya di dunia dan akhirat." (HR Muslim). Sebagai mahasiswa, ada banyak cara untuk menolong orang lain, seperti membantu teman belajar, membantu acara kampus, atau melakukan pekerjaan sukarela.

4. Menghargai Pendapat Orang Lain

Dalam Surat Al-Hujurat ayat 13, Allah berfirman, "Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu." Ini menunjukkan bahwa setiap orang memiliki nilai dan pendapat yang patut dihargai, termasuk dalam diskusi atau debat akademik.

Dengan mengikuti prinsip-prinsip ini, mahasiswa dapat menghargai sesama manusia dalam cara yang sejalan dengan ajaran Islam.

Posting Komentar untuk "Penghormatan sesama manusia"